Posted by: pkab | 5 May 2009

Tutorial Membuat Peta Konsep Dengan Mind42


logoPersembahan Sur dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2009.

Semoga di kemudian hari akan semakin banyak orang Indonesia memanfaatkan Peta Konsep dimulai dengan memanfaatkan fasilitas Mind42.

Peta Konsep JarDikNas di Mind42

Peta Konsep JarDikNas di Mind42

Klik gambar peta konsep untuk berinteraksi dengannya di Mind42.

tutorialmembuatpetakonsepmind421 (PDF, 1.49 MB).
Sudah direvisi jumlah penduduknya menjadi 10%.

Jangan lupa akses pula Kategori Kelas Jauh sebagai sarana e-learning untuk mendapatkan latar belakang mengapa Peta Konsep begitu bermanfaatnya / powerful, terutama Cara Buat untuk melihat cara langkah demi langkahnya. Setelah itu silahkan lihat-lihat juga beragam contoh berdasarkan mata pelajarannya, misal Fisika.

Jayalah bangsaku!


Responses

  1. Mohon bantuan rekan-rekan untuk menyebarkan keberadaan tutorial ini, sehingga akan semakin meluas penyebaran kemampuan pembuatan peta konsep. Terima kasih banyak sebelumnya.

    Salam,
    Sur

  2. Perlu ada koreksi tentang jumlah penduduk Indonesia seharusnya 10% (bukan 1%) setara dengan jumlah penduduk Malaysia. Thanks.

  3. pak… bapak punya link seseorang yang mahir membuat peta konsep mata pelajaran fisika?
    oya, bisakah peta konsep dijadikan alat penilaian?

    • saya tidak punya. tapi di bagian kategori ada beberapa contoh pembelajaran – fisika yang bisa dilihat untuk mendapatkan ilham cara membuat peta konsep untuk topik fisika lainnya.

      tergantung oleh si gurunya apakah mau mempergunakan peta konsep untuk penilaian.
      dengan peta konsep maka pengetahuan siswa bisa dideteksi terlebih dahulu, sudah sampai sejauh mana pemahamannya, mana yang sudah ia mengerti, mana yang belum ia explore dan mana yang terjadi salah konsep. ada baiknya kamu ajukan peta konsepmu pada gurumu dan minta beliau masukan untuk pengembangan pengetahuanmu selanjutnya. semoga membantu.

  4. bagian kategori? maksudnya icon nya sebelah mana pak? saya seorang mahasiswi yang sedang mempersiapkan penelitian untuk skripsi saya, yaitu tentang peta konsep sebagai alat penilaian. mohon bantuannya.. trimakasih

  5. saya masih bingung dengan kata “konsep (node)’. karna di fisika banyak rumus, apakah rumus2 tersebut dapat dijadikan konsep?

  6. pak kalau sedang online bisa berdiskusi langsung?


Leave a comment

Categories