Posted by: pkab | 23 January 2009

Tempat Untuk Mempelajari Peta Konsep/ Peta Pikiran


Kemampuan berpikir dengan menggunakan dua belahan otak sekaligus atau yang sering disebut orang the whole brain thinking akan sangat membantu seseorang dalam mempelajari sesuatu hal/ materi dengan waktu yang lebih singat dan daya retensi yang lebih lama, yaitu dengan bantuan Peta Konsep (Concept Map)/ Peta Pikiran (Mind Map) (Lihat video penjelasannya).Peta Konsep (contoh What can I use Concept Maps for?) memiliki lebih dari satu topik utama dan ada label pada garis hubungan antar konsep, sedangkan Peta Pikiran (contoh Mind Map for Learner)memiliki hanya 1 topik utama yang terletak di tengah. Peta Pikiran adalah subset (bagian dari) dari Peta Konsep. Lihat Penjelasan Peta Konsep dengan menggunakan Peta Konsep.

Oleh karena Tony Buzan yang mempopulerkan Mind Map mematenkan kata Mind Map(TM), maka orang mulai sering menggunakan istilah Peta Konsep dibanding Peta Pikiran. Aturan Peta pikiran (Mind Map Laws) menurut pakem dari Tony Buzan.

Struktur pengetahuan yang sedang dipelajari dapat direkonstruksi pada Peta Konsep oleh si pembelajar seiring dengan berjalannya waktu. Ibarat menyusun puzzle dengan menempatkan keping demi keping informasi pada lokasi yang tepat, agar bisa disimpan secara baik di dalam sel otak. Karena ketika sebuah informasi yang baru disampaikan oleh si Pengajar dan si Pembelajar tidak dapat mengasosiasikan keping pengetahuan yang baru itu ke dalam struktur pengetahuan/ pengalaman belajar sebelumnya maka Pembelajar akan merasa info tadi adalah Tidak Relevan/ Tidak Berguna, sehingga jangan heran bila saat ulangan/ ujian hasilnya tidak memuaskan.

Pelajaran tentang Matematika, Aljabar, Kalkulus biasanya menjadi barang yang menakutkan. Apakah anda berani untuk mencoba gunakan peta konsep dalam menerangkan teknik menggambar grafik fungsi f(x) dan pancing pembelajar untuk lebih banyak menggunakan porsi waktunya untuk berlatih, setelah ia paham peta konsepnya.

Cara termudah untuk mempelajari Peta Konsep adalah dengan memulai membiasakan diri dari mengubah catatan dalam bentuk linier ke dalam bentuk peta konsep.


Lihat juga Tahapan mempelajari Peta Konsep atau kategori Cara Buat.Mari berlatih dengan teks Serbuan Viking. Bagi yang senang teori atau hasil penelitian bisa mengaksesnya pada Kategori Paper.

Kunjungi Blog .:: Peta Konsep Anak Bangsa ::. yang memiliki hampir 1.000 artikel mengenai Peta Konsep/ Peta Pikiran agar andapun bisa berkata: “Aku Paham dan Bisa!”. Sebagai bantuan menu Kategori menampilkan artikel dalam kumpulan kategori matematika, atau akses
F.A.Q.

Selamat mempelajari.

Salam,
Suryadiputra Liawatimena

NB: Bantulah menyebarkan informasi ini kepada rekan anda yang lainnya agar bisa semakin banyak Anak Bangsa memiliki kemampuan/ keahlian Peta Konsep. Terima kasih banyak sebelumnya.


Posting ini sebagai backup tulisan Sur di Dikti.org


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: