Posted by: pkab | 7 November 2008

Six Thinking Hats


Six Thinking Hats

Six Thinking Hats

Hari Rabu yang lalu Sur mendengarkan Pak Andreas C membawakan seminar New Thinking, dalam pembahasannya diberikan contoh yang cukup ekstrim bahwa di suatu tambang di wilayah Afrika sebelum diperkenalkan 6 Topi Berpikir (Six Thinking Hats) maka dalam 1 bulan terjadi 270 perkelahian antar buruh tambang yang terdiri dari 7 suku yang berbeda. Setelah diperkenalkan teknik 6 Topi Berpikir jumlah perkelahian berkurang drastis sehingga hanya tinggal sekitar 10 kejadian sebulannya.

Ide utama dari Dr. DeBono adalah menghindari cara berpikir secara logika ala Aristoteles, Plato, Socrates yang intinya I am Right and You Are WRONG! (selalu bertentangan, ibarat 0 atau 1, False or True, Kanan atau Kiri). Sehingga banyak waktu, tenaga dan pikiran dihabiskan oleh banyak orang hanya untuk memperkuat bahwa: Sayalah yang paling benar dan anda salah. Sound familiar?

DeBono tidak menyalahkan cara berpikir secara logika, tetapi untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat maka tidak lagi berlaku “Business as usual”. Harus ada cara berpikir yang lain untuk melengkapi cara berpikir logika. Lateral Thinking selalu berusaha untuk menghasilkan alternatif dari pilihan-pilihan yang diberikan. Hal ini bisa diakomodasikan dengan baik dengan Peta Konsep.

Dengan 6 Topi Berpikir maka ada waktu untuk semua menggunakan Topi Kuning misalnya, sehingga dalam selang waktu itu semua orang bersama-sama (searah) memikirkan hal-hal yang relevan/ bersangkutan dengan Topi Kuning seperti: Optimisme, Keuntungan, Kemungkinan, dan lain-lain. Kemudian ada waktu untuk menggunakan Topi Hitam, dan sekolompok orang atau seseorang yang ditunjuk sebagai Devil Advocate mendapat giliran untuk mengeluarkan segala kemungkinan buruk, kritik, evaluasi, dll. Karena ide besar akan semakin bagus bila mendapatkan peringatan akan kemungkinan-kemungkinan gagal sehingga pada giliran berikutnya para Topi Hijau akan berbicara untuk menemukan kreativitasnya, alternatif, ide, konsep-konsep yang dikembangkan lagi untuk mengurangi resiko dan memperbesar kemungkinan sukses.

Ada beberapa urutan memainkan topi untuk memecahkan kasus-kasus tertentu, agar waktu rapat bisa digunakan secara efektif dan terarah.

Six Thinking Hats
Six Thinking Hats
by Edward de Bono
$10.19

Source: Scribd


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: