Posted by: pkab | 19 August 2008

Mulai Dari Mana?


Tuan Presiden Maya (TPM): Akhirnya kita dapat berjumpa, setelah sekian lama permintaanmu menghadap saya. Silahkan duduk dan tolong bantu saya untuk memahami dan mengatasi permasalahan yang begitu banyak demi kemajuan bangsa ini.

Saya sudah berusaha semaksimal mungkin, tetapi slogannya telah banyak diplesetkan menjadi: “Bersama Kita Bisa?”, “(Apakah) Kita Bisa Bersama?”, “Bersama Kita Bisa (ngapain)?”, (Apa yang) Bisa Kita (lakukan) Bersama?, “Bersama-sama (apakah) Kita Bisa (capai hal itu)?”

Chaos

Chaos

Sangat sulit bagi saya untuk menyatukan kehendak banyak pihak yang banyak maunya, banyak tujuan-tujuan pribadi/ golongannya, seperti terlihat seperti gambar ini (TPM menyodorkan gambar Chaos kepada PKAB, sambil menyeka mukanya yang tampak letih memikirkan semuanya itu).

Saya harus mulai dari mana?
PKAB: Mari kita mulai dengan semangat perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI 2008.

Mulai dari Sini

Mulai dari Sini

TPM: Hmm… kalau begitu saya akan mengundang para Menteri terkait untuk melaporkan data, informasi dan pengetahuan (knowledge) yang menjadi tanggung jawab mereka masing-masing. Juga akan mengundang Menteri Koordinator agar bisa lebih mengkoordinasikan antar lintas departemen.

PKAB: Ya.. kalau saya diizinkan saya mengikuti rapat yang TPM pimpin, nanti saya langsung meng-update Peta Konsep di atas dengan masuk-masukan dari seluruh peserta rapat.

TPM: Untuk menjawab pertanyaanmu nomor 1, paling tidak saya akan mulai meminta laporan ringkasan kinerja hasil tiap departemen selama 3 tahun terakhir dari Menteri Pertanian, Menteri Kehutanan, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Menteri Perindustrian dan Menteri Perdagangan. Saya juga memintakan kepada mereka untuk melihat kembali Peraturan-peraturan yang telah dikeluarkan seperti PP, InPres, PerMen, dan yang terkait untuk dikaji mana yang tumpang tindih dan menyengsarakan rakyat, itu perlu dibenahi terlebih dahulu.

Sekalian saya akan undang team dari Bappennas untuk menjabar rencana mereka 3 tahun ke depan, supaya dapat dibuatkan perencanaan yang lebih realistik terhadap kebutuhan dan perkembangan yang telah kita capai sekarang ini.

PKAB: First Thing First! Betul, karena negara kita adalah negara hukum, jadi harus ditegakkan terlebih dahulu bahwa SEMUA ORANG (tidak perduli siapapun) adalah SAMA DIMUKA HUKUM.

TPM: Saya akan undang anda lagi bila semuanya sudah siap.

PKAB: Baik Tuan Presiden Maya (TPM), saya tunggu undangan dari bapak selanjutnya.


Leave a Reply

Categories

