Posted by: pkab | 15 July 2008

Kemampuan Baca Cepat


By: Adam Sicinski
Original Title: Accelerated Speed Reading Study Skills | Study Matrix

Accelerated Reading

Accelerated Speed Reading Principles Concept Map

Pembelajaran Akselerasi adalah sebuah metode belajar yang membantu anda mengorganisasikan, mengatur dan mengasimilasikan informasi pada kecepatan tinggi. Jika anda pernah membaca 7 Intelejensia dari Pembelajaran Akselerasi dan Kemampuan Belajar Multi Sensor Tingkat Lanjutan, maka anda sudah memiliki dasar pengertian betapa pentingnya dalam mempelajari segumpal informasi (keping jigsaw informasi) dengan memanfaatkan beragam input dari sensor/ panca indra dan strategi pembelajaran kreatif yang menstimulasi ketujuh intelenjensia kita.

Semenjak penemuan mesin cetak oleh Johannes Gutenberg pada tahun 1450, maka hampir semua informasi yang kita hadapi setiap hari dipresentasikan di dalam “kalimat tercetak”. Dengan peningkatan dan kemajuan layanan multimedia berbasis web, maka “kalimat tercetak” sepertinya kehilangan pijakan, walaupun masih memainkan dan cara populer untuk menyampaikan informasi di era modern. Adanya epidemi sosial nomor 1 di jaman sekarang adalah “Kebanjiran Informasi/ Information Overload”. Epidemi ini menyapu seluruh dunia dan menekan para pengumpul informasi untuk melakukan pekerjaan ekstra dan terbaiknya untuk memahami dunia yang sedang bergeraks secara dinamik di sekeliling mereka. Dengan alasan-alasan itulah, maka sangat kritikal bahwa kita perlu mempelajari kemampuan untuk mengkoleksi, menyerap dan mengasimiliasikan “kalimat tercetak” dengan suatu cara yang dapat membantu kita menghemat waktu, energi dan yang paling penting adalah tetap membuat kita “sadar” di dalam dunia informasi yang terus berkembang pesat.

Gambar Accelerated Speed Reading Principles Concept Map, pertama-tama memberikan pencerahan pada detil proses membaca, dan membantu untuk mengindentifikasikan relasi pada potensi belajar kita. Kedua, Study Matrix ini akan membagi proses Baca Cepat dari Pembelajaran Akselerasi, termasuk di dalamnya langkah-demi-langkah penjelasan bagaimana caranya untuk memanfaatkan kombinasi baca cepat dan kemampuan belajar komplementari lainnya dalam proses pemahaman secara menyeluruh dan komprehensif dari suatu buku teks dengan cepat. Ketiga, Adam akan mengajak anda untuk melihat secara lebih dekat sebuah metode sub-konsius (otak setengah sadar) Baca Secara Photografik, yang dapat meningkatkan belajar dan pemahaman terhadap informasi pada tingkat ke-tidaksadaran (Sur menambahkan: kemampuan otak bawah sadar memiliki kemampuan luar biasa dalam menyerap informasi dan masuk langsung ke ingatan jangka panjang). Akhirnya, Study Matrix ini akan mempresentasikan anda dengan beberapa ujian, tips untuk belajar dan strategi untuk mengikutsertakan prinsip-prinsip Pembelajaran Akselerasi secara Photo dan Baca Cepat.

Accelerated Speed Reading Study Skills Study Matrix/ Mind Map tersedia secara gratis sebgai Wallpaper komputer pada SMX Art Store.

Kunjungi Study Matrix Blog untuk membaca artikel selengkapnya.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: