Posted by: pkab | 12 June 2008

Manfaat Peta Konsep


Manfaat Peta Konsep dalam Mengasimilasi Pengetahuan

Barusan Sur menggunakan Ctools untuk menerangkan Manfaat Peta Konsep dalam proses mengasimilasikan pengetahuan dan informasi sehingga dapat tersusun rapi. Peta Konsep sangat membantu proses mengingat karena pengetahuan dan informasi tersebut tersusun rapi.

Proses Asimilasi adalah proses di mana keping informasi yang baru sedang direka-reka harus diletakkan di bagian mana dan bila telah ditemukan posisinya maka keping informasi baru itu akan ditempelkan pada cabang peta konsep yang tepat. Sehingga informasi yang baru itu menjadi relevan atau bermakna dan otak akan mengingat lebih kuat.

Bandingkan bila setiap detik otak kita menerima informasi melalui panca indranya dan meletakkannya secara sembarangan tanpa bantuan peta konsep. Maka diibaratkan seperti menaruh 1 buah buku (informasi baru) pada tumpukan buku (koleksi pengetahuan sebelumnya). Yang sulit adalah proses mengingatnya (Recall) karena harus mengaduk-aduk tumpukan buku itu untuk menemukannya. Bila kita menggunakan peta konsep diibaratkan setiap cabang merupakan satu lemari penyimpanan buku yang dikategorikan secara subjek atau type buku itu (misal: pelajaran, komik, dll).

Pelajarilah cara membuat Peta Konsep di kategori Cara Buat atau baca Penjelasan Peta Konsep dengan Peta Konsep.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: