Posted by: pkab | 30 May 2008

Lebih Baik Paham Daripada Hafal!


Ajakan Mengunjungi PKAB

Jumlah materi yang harus dipelajari di tingkat Sekolah Dasar (misalnya) sungguh luar biasa banyaknya dan tidak saling berhubungan dan parahnya antar materi itu sepertinya (unrelated). Kalau anak didik itu dipaksa menghafal semuanya itu maka ia akan stress karena menemui kesulitan untuk menyimpannya semua di dalam otaknya apalagi bila tanpa bantuan Peta Konsep.

Bayangkan kalau semua informasi yang diterimanya ditaruh secara sembarangan.

Bayangkan kalau semua informasi yang diterimanya ditaruh secara sembarangan. Yang sulit adalah ketika ia ulangan atau ujian, ia harus bekerja keras untuk mencari kembali informasi yang sudah tertumpuk-tumpuk dalam otaknya.

Oleh karena itu sebaiknya saat menyimpan informasi menggunakan kategori, dengan bantuan Peta Konsep maka setiap cabang dan sub-cabangnya menjadi 1 kategori. Sehingga informasi yang diterima bisa secara teratur diletakkan dan mudah untuk dicari kembali. Ikuti artikel-artikel yang dikategorikan ke dalam Cara Buat. Sehingga usaha pembelajaran berikutnya adalah mengusahakan agar siswa itu lebih baik meMAHAMi dibandingkan harus mengHAFAL tanpa mengerti maknanya kesemuanya itu.

Semoga bermanfaat.


Responses

  1. […] Baca posting Lebih Baik Paham daripada Hafal. […]

  2. […] Baca posting Lebih Baik Paham daripada Hafal. […]

  3. […]   Baca juga artikel Lebih Baik Paham Daripada Hafal! […]

  4. […] Baca posting Lebih Baik Paham daripada Hafal. […]

  5. […]  Hubungan antar besaran dapat ditunjukkan dalam bentuk ‘rantai’ seperti disajikan pada Gambar 2. Pajang lintasan yang dilalui sebuah benda yang sedang bergerak selama satu satuan waktu (missal: detik) disebut kecepatan. Perubahan kecepatan dalam satu satuan waktu (missal per detik) disebut percepatan.  Jika besaran percepatan ini dikalikan dengan massa maka harganya sama dengan gaya yang bekerja pada benda tersebut. Anda tentu dapat melanjutkan ke besaran besaran yang lain. Dengan cara seperti ini maka besaran dan satuannya tidak perlu dihapal mati. (Baca juga Lebih Baik Paham daripada Hafal). […]


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: