Posted by: pkab | 29 May 2008

10 Misteri “Tersisa” Lumpur Lapindo


2 Tahun Sudah Lumpur Lapindo

Klik gambar di atas untuk melihat liputan di OkeZone.
Reporter/Kameramen:
Dua tahun musibah Lumpur lapindo berlalu, dua tahun pula 700 hektar lahan terendam lumpur, dan sudah dua tahun para korban lumpur bermukim di pengungsian Pasar Baru Porong. Kini, giliran warga Desa Besuki dan Jabon terancam terusir dari rumah mereka.
(Rabu, 28 Mei 2008, Durasi: 01:00 )

Kunjungi juga Gebrak Lapindo!!! untuk mendapatkan kumpulan berita tentang Lapindo, yang juga diliput oleh Media Asing yang berhasil dikumpulkan. Kunjungi juga How Mud Flow in East Java yang mengumpulkan banyak artikel teknis dan foto-foto tentang Lumpur Lapindo. Banyak Kejanggalan Dalam Kasus Lumpur Lapindo di Media Indonesia (07.12.2007).

Tadi pagi sambil menuju Jakarta saya mendengarkan pernyataan dari Bapak KomJen Makbul Padmanagara di Radio KBR 68H tentang Lumpur Lapindo yang menyatakan: Masih tersisa 10 misteri yang perlu diurai lebih lanjut. Sayang hanya 1 atau 2 saja misteri yang sempat di sebutkan. Menurut KomNas HAM Lumpur Lapindo adalah bukan bencana alam, sehingga Lapindo Brantas Inc harus bertanggung jawab.

Yang membuat hati miris adalah salah satu berita di Kompas hari ini yang mengatakan: Lumpur Lapindo bukan SUDAH mencapai tetapi BARU mencapai. Sehingga masalahnya sepertinya dibiarkan berlarut-larut. Apa yang para pemimpin Lapindo Brantas Inc pikirkan atau perbuat??

Saya membayangkan bila para pihak terkait bisa duduk bersama untuk melakukan brainstorming untuk saling menukarkan informasi yang mereka miliki masing-masing kemudian disusun ke dalam Peta Konsep, sehingga bagian-bagian yang merupakan misteri bagi pihak lain sedikit demi sedikit akan terbuka, dan pada akhirnya terlihatlah sebuah gambaran yang utuh. Otak manusia sangatlah ajaib, ia dapat mengambil keputusan dengan data yang tidak lengkap. Apalagi bila otak manusia-manusia Indonesia bersatu padu untuk menyelesaikan masalah Lumpur Lapindo saja.

Paling tidak dari hasil pertemuan-pertemuan itu bisa dibuatkan pertanyaan-pertanyaan kepada pihak terkait seperti Pemerintah, DPR, dan Lapindo Brantas Inc sendiri. Untuk kemudian jawaban-jawaban itu menjadi feedback untuk dicross check apakah jawaban mereka itu benar atau “ngasal cuap” karena kontradiktif dengan pernyataan-pernyataan mereka sebelumnya. Cobalah Googling dengan kata kunci Lumpur Lapindo, bisa ditrace back dan disusun dari sana keping demi keping informasi.

Semoga masalah Lumpur Lapindo ini bisa segera dituntaskan karena semakin lama masalah ini dibiarkan berlarut-larut maka kesengsaraan korban semakin panjang dan akan menelan korban-korban yang baru berupa manusia, lingkungan alam juga (bayangkan sudah terjadi endapan lumpur yang dibuang ke sungai, apa yang akan terjadi bila musim penghujan akan kembali mengguyur Indonesia).

Eling, Gusti ora sare!


Responses

  1. […] Baca artikel 10 Misteri “Tersisa” Lumpur Lapindo sebelumnya. […]

  2. https://pkab.wordpress.com/2008/05/29/mari-pecahkan-10-misteri-lumpur-lapindo/

    Ada yang bisa bantu untuk menghubungi Bapak KomJen Makbul Padmanagara untuk mengetahui lebih detil 10 Misteri apa yang masih tersisa itu…. Supaya peta konsep Lumpur Lapindo bisa dikembangkan lebih lanjut.

    Mari bersama kita bisa!

    salam perjuangan,
    sur
    pemeta konsep


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: