Posted by: pkab | 18 April 2008

Tidak Ada Yang Kebetulan


Jam 10.35-12.05 ada pertemuan di Lobby Hotel Shangri-La antara Mbak Avanti F, Bung Phillip G, Oom Budi A dan saya melakukan brainstorming mengenai ide pengembangan sebuah wilayah Indonesia Timur. Semuanya sepakat bahwa ‘tidak ada sesuatu yang kebetulan’, karena kesamaan frekuensi dan perhatian kepada kehidupan masyarakat yang semakin terjepit di era globalisasi, maka kami dipertemukan.

Setelah saling mengenalkan diri maka pembicaraan mengarah untuk memanfaatkan sumber daya alam yang sangat-sangat-sangat luar biasa dan upaya untuk mensejahterakan masyarakat lokalnya. Dari cerita Bung Phillip bahwa seorang pejabat penting dari Jepang berkali-kali turun dari mobil dan menikmati keindahan alam dan mengatakan: ia telah melihat di berbagai negara, tetapi tidak pernah ia melihat betapa majestic-nya alam wilayah itu (sengaja nama wilayahnya di sini belum disebutkan dulu, karena masih dalam taraf penjajakan awal). Sehingga perjalanan antar dua kota yang seharusnya 2 jam jadi molor menjadi 3-4 jam. Mendengar deburan ombak alam yang berirama, sangat menyejukan jiwa, terutama bagi orang-orang kota yang super stress. Ini bisa membuka pariwisata agar orang asing bisa berdatangan dan ekonomi daerah itu bisa bergerak.

Perlu ada meeting lebih lanjut untuk mematangkan ide tersebut agar bisa menjadi kenyataan. Hari ini, saya sungguh sangat gembira bisa bertemu dengan orang-orang yang peduli dan bersemangat untuk membangun masyarakat.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: