Posted by: pkab | 31 March 2008

Mind Map


Oleh: Hindraswari Enggar D
Dalam bukunya yang berjudul Mind Map untuk Anak, Tony Buzan penulis sekaligus penemu konsep mind map ini menjelaskan bahwa sebuah mind map dibuat oleh kata-kata, warna, garis dan gambar.
Bagaimana penjelasannya? Hm, manusia dikaruniai otak. Otak kita memiliki dua belahan, yaitu otak kiri dan otak kanan. Menurut Roger Sperry, belahan otak kiri memiliki fungsi yang berbeda dengan belahan otak kanan. Otak kiri adalah otak rasional, dan otak kanan adalah otak imajinatif.

aphasia1.gif

gambar Area Broca dari sini

Belahan otak kiri memiliki kelebihan dalam kata-kata, logika, angka, sekuens, lineralitas, analisis, dan daftar. Otak kanan memiliki keunggulan dalam ritme, kesadaran, imajinasi, mengkhayal, warna, dan dimensi.

Ketika kita membuat suatu catatan dengan format standar, yang berupa kata-kata, atau angka saja maka kita hanya menggunakan setengah dari kemampuan otak yang sangat menakjubkan. Nah, mind map akan membantu kita menggunakan kedua belah otak. Interaksi yang luar biasa antara kedua belahan otak dapat memicu kreativitas, lainnya adalah kemudahan dalam mengingat (terapi bagus buat yang suka lupa).

Bagaimana membuat mind map? (sumber: buku mind map untuk anak)

  1. Gunakan selembar kertas kosong (dalam posisi mendatar) tanpa garis dan beberapa pulpen berwarna.
  2. Buat sebuah gambar yang merangkum subjek utama di tengah kertas. Gambar itu melambangkan topik utama.
  3. Buat garis tebal berlekuk-lekuk yang menyambung dari gambar di tengah kertas, masing-masing untuk setiap ide utama yang ada mengenai subjek. Cabang utama melambangkan sub topik utama.
  4. Beri nama pada setiap ide di atas. Boleh juga menambahkan gambar-gambar kecil mengenai maisng-masing ide tersebut – hal ini menggunakan kedua sisi otak.
  5. Dari setiap ide yang ada, tarik garis penghubung lainnya, yang menyebar seperti cabang-cabang pohon. Tambahkan buah pikiran ke setiap ide tadi. Cabang-cabang tambahan ini melambangkan detail-detail yang ada.

gambar : menyusul ya🙂

Sumber: TIK SD & SMP


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: