Posted by: pkab | 1 March 2008

Mind Map Untuk Menjabarkan Sesuatu


Oleh: Irene

Hal yang aku lakukan selama kehamilanku adalah belajar.. belajar dan belajar. Aku menghabiskan setumpuk buku2 tebal, materi beratus2 judul dikomputerku (sekarang aku print, ga kuat duduk lama2 mbaca depan kompy), browsing2 di internet, gabung beberapa forum n milis 2 yang membahas tentang kehamilan, persalinan, ASI, pendidikan anak, bayi, psikologi dll..

Mind Map untuk Anak (118hal); Tony Buzan. Hehe.. iseng aja.. seperti buku2 stimulasi otak buat anak2 yang biasa aku beli selama ini. Dari dulu aku selalu ngamati cara berpikir orang n pengentau banget, kenapa ada orang yang ‘terhambat’. Entah itu dalam menjabarkan sesuatu, entah dalam menyikapi sesuatu, dari mana asal defense diri yang itu dari si A. Kenapa ada orang yang ga bisa membedakan arti kembung, mules, mual, perih, sakit, menusuk dll yang ada di perut.

Ato menjabarkan perbedaan marah, jengkel, kesal, dendam, bete, ngambek, benci n muak. Ternyata itu dipengaruhi juga oleh bagaimana proses belajar dia waktu anak2. Banyak yang terjebak gara2 cara belajar sistem menghafal yang diterapkan dalam proses belajar mengajar kita dulu. Padahal menghafal itu cuma bisa mengisi sepersekian otak kita yang bagian short term aja. Makanya kalo naik kelas, pelajaran thn lalu sudah lupa. Sbenernya itu gpp n g bahaya, tapi kalo sudah jadi kebiasaan, cara belajar juga jadi terekam diotak kita n jd ga kepancing untuk kebiasaan menganalisa, menjabarkan, memilah2 dll yang sbenernya jadi tahap lanjutan dari perkembangan otak. Yah.. itu cuma salah satu sebab, lingkungan, keluarga, gen n bakat juga pengaruh. Mind Map ini salah satu buku tentang menjabarkan.

Kunjungi Charllotte untuk membaca cerita selengkapnya apa-apa saja yang dipelajari oleh Irene selama ia menunggu kehamilannya.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: