Posted by: pkab | 29 February 2008

Creativity: Mind Mapping


Oleh: Kang Bayu

Manusia berpikir tidak secara linear, tapi secara paralel; jutaan proses beroperasi dalam satu waktu menggali, mencari koneksi dan asosiasi dari data-data yang terdapat dalam akal-pikiran. Dengan demikian, proses berpikir dan penggalian ide juga lebih tepat diwakili dengan metode pemetaan yang bisa memuat informasi mengenai banyak proses dalam satu waktu. Hal ini terjadi karena pemetaan sifatnya non-linear, pembaca peta bisa dengan cepatnya berganti pola pandang dari berpikir general ke berpikir terfokus. Tidak ada cara baca yang terstruktur namun semua data bisa dipresentasikan dalam satu waktu bersamaan.

Tulisan sebaliknya, mampu menuangkan informasi dalam struktur lebih rapi dan tertata, tapi sifatnya linear… informasinya harus diproses secara berurutan dalam tatanan baku (misalnya baca dari kiri ke kanan), barulah otak bisa memvisualisasikan maksud yang tertuang didalamnya — kurang cocok untuk penggalian ide yang multilateral atau mencakup banyak area dalam satu waktu.

Salahsatu teknik pemetaan yang ideal untuk proses penggalian ide, dikenal dengan nama “Mind Map“.

Metode yang konon dipopulerkan oleh Tony Buzan ini dideskripsikan Wikipedia sebagai berikut:

A mind map (or mind-map) is a diagram used to represent words, ideas, tasks or other items linked to and arranged radially around a central key word or idea. It is used to generate, visualize, structure and classify ideas, and as an aid in study, organization, problem solving, and decision making1.

Metode seperti ini melibatkan penggalian ide utama menjadi ide-ide turunan, atributnya, turunannya, serta ide-ide terkait lainnya, dan lalu dilanjutkan untuk masing-masing turunannya itu dengan cara yang sama: digali ide2 turunannya, atributnya, dan ide terkait lainnya. Untuk teknik yang satu ini, medianya cukup dengan selembar kertas… mulai dari kertas tisyu, struk ATM, A4, hingga belakang kertas kalender… seperti yang biasa gw lakuin buat menginventarisir ide cerita, dan menggambarkan atribut serta keterkaitan antar elemen-elemen dari suatu cerita.

Namun demikian, walaupun corat-coret di belakang kalender lebih asik dan leluasa, gak bisa dipungkiri juga adanya kelebihan media digital yang bisa kita manfaatkan untuk melakukan hal ini; kemudahan untuk membuat perubahan, manipulasi, dan duplikasi.

[Apalagi, USB disk lebih mudah dibawa-bawa daripada gulungan kalender bukan?]

Dari seorang temen, gw bisa nyoba software “ConceptDraw MindMap” yang dengan sukses mengakomodir kebutuhan gw ini. Tapi seiring mood buat “go OS” (Open Source), maka gwpun berusaha untuk mencari padanan software tersebut yang gratisan dan legal. Hasilnya?

Ternyata ada! Berikut ini daftar beberapa software gratis dan open-source yang bisa dipakai untuk Mind Mapping secara digital.

FreeMind – http://freemind.sourceforge.net (Java)
View Your Mind (Original) – http://www.insilmaril.de/vym/ (Linux)
View Your Mind (PC port) – http://www.kriener.de/index.pl/vym4win (PC)

Dari daftar tersebut, FreeMind bisa jadi yang paling advanced. Namun masalahnya (kelebihannya?) ia adalah aplikasi berbasis Java yang mengharuskan user untuk memasang Java Runtime Environment (JRE) berukuran kurang lebih 15 – 20MB (jika belum ada). Kelebihannya, karena berbasis Java, maka ia bisa dijalankan di Operating System lain asalkan sama-sama memiliki JRE terpasang.

View Your Mind kelihatannya cukup komprehensif, hanya saja hingga tulisan ini dibuat, aplikasi tersebut dibuat baru untuk komunitas Linux saja. Sedangkan versi PC Port nya (dari kriener.de) masih memiliki bugs. Jadi untuk “Go OS” masih belum ada solusi yang ideal, tapi bukan berarti nggak ada pilhan sama sekali, selamat mencoba. (bay)

Sumber: Pipir Sawah Saiber


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: