Posted by: pkab | 29 February 2008

Catatan Irma: Peta Pikiran


By: Irma

Saya baru nemu buku baru karangan Tony Buzan yg membahas tentang perkembangan otak.. intinya adalah bgmn mengembangkan kinerja otak anak

Isinya terutama tentang Mind Map yang katanya merupakan sebuah ‘peta pikiran’ yang menggunakan unsur-unsur utama dari: memori, asosiasi, lokasi, keistimewaan – Von Restorff, dan yang mengarahkan semua keterampilan otak kiri dan kanan.

Mind Map juga katanya dapat membuat dan mendorong percepatan aliran berbagai pikiran kreatif dan inovatif berdasarkan sifat multi-ordinasi yg dimiliki oleh kata dan kenyataaan, sehingga otak anak anda secara tak terbatas dibiarkan untuk berekspresi dan berekspansi dengan cara sederhana namun penuh rahasia. Saya sebut ‘katanya’ karena belum dipraktekkan jadi belum tahu hasilnya hehehe

Panduan Mind Map:

1. Ambillah selembar kertas kosong tak bergaris berukuran A4 dan posisikan horizontal. Buatlah sebuah gambar sesuai topik utama pilihan anda ditengah-tengahnya. Cobalah menggunakan setidaknya tiga warna dan gambarlah dalam gaya yg serius tapi enak dipandang – untuk membuat otak anda bekerja. Jika topik anda, misalnya, tentang rumah anda, gambarlah bentuk sebuah rumah.

2. Buatlah beberapa garis penghubung yg tebal, melengkung, dan merupakan cabang-cabang dari gambar inti anda yg terletak di tengah-tengah kertas. Tempatkan sebuah gagasan yg anda miliki berkaitan dgn subjek utama anda pada masing-masing cabang tadi. Contohnya: jika Mind Map anda adalah ttg rumah anda, tiap cabang dapat mewakili sebuah ruangan atau sebuah tema. Pilihlah warna yg berbeda untuk setiap garis cabang. Gunakanlah warna berbeda untuk masing-masing gagasan dan gunakan berbagai jenis spidol, mulai dari yg bergaris tebal sampai yg tipis.

3. Tulislah kata kuncinya, satu untuk setiap cabang, misalnya: Dapur, Kamar Mandi, Kamar Tidur, Ruang Tamu, dll, dengan menggunakan warna-warna yg serasi. Cabang-cabang dapat dimulaid engan garis tebal dan terus menipis bila semakin bercabang ke luar. Cabang-cabang ini adalah subtopik utama anda.

4. Selanjutnya, gambarlah cabang-cabang kecil yg keluar dari subtopik-subtopik ini. Contohnya: dari ‘Dapur’ anda mungkin membuat cabang-cabang berikut: kompor, lemari, mesin cuci piring, rak piring, meja, kursi, dll. Tambahkan cabang di setiap cabang seperti pohon sungguhan namun pastikan bahwa semuanya saling berhubungan.

5. Sekarang anda dapat membuat cabang-cabang lebih banyak jika dikehendaki, juga membuat tulisannya semakin lama semakin kecil. Anda dapat membangun jenjang huruf. Huruf besar untuk gagasan utama, penggunaan garis bawah untuk gagasan penting di bawahnya dan huruf kecil untuk yg lebih bawah lagi.

6. Buatlah gambar-gambar pada bagian yg dirasa perlu untuk menanamkan pikiran-pikiran anda dan membantu anda berpikir. Kegiatan ini juga menggunakan kedua belah otak anda.

Pada saat ini, mungkin anda berpikir bahwa hal ini agak terlalu canggih untuk otak bayi/ anak anda tetapi ternyata tidak demikian karena Mind Map mencerminkan fungsi internal dari otak anak anda, maka seorang anak yg masih sangat kecil jauh lebih mudah memahaminya dibanding bentuk informasi tertulis lainnya.

Sumber: Catatan Irma


Responses

  1. Baca https://pkab.wordpress.com/2008/01/23/eksploras-otakmu/
    dan coba search dengan kata kunci:
    Brain Hemisphere untuk ketahui lebih lanjut fungsi masing-masing belahan otak dalam proses belajar dan berpikir.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: