Posted by: pkab | 8 January 2008

Improve Learning With Colours (bagian 1)


(To my English readers: First of all, I am very sorry to write down the story in Bahasa, where I can dump my brain fast before I forget about the workshop).

Masih ingat cerita Refleksi Perjalanan Menuju DataScript? Kali ini saya berangkat dan masuk tol Tangerang-Tomang jam 07.12 dan tiba di exit Tol PRJ jam 08.10. Dengan style yakin saya tanpa pakai peta memacu sampai ujung jalan Benjamin Sueb. Semakin mendekati ujung jalan, perasaan saya semakin ragu, mana gedung sebagai patokan untuk belok kanan yang bisa tembus langsung ke Gedung DataScript (DS). Sempat salah belok ke Jalan Angkasa yang menjauh gedung DS. Putar arah dan akhirnya menemukan ujung jalan yang diinginkan, sehingga saya tidak perlu memutar dekat rel kereta api. Saya masih tidak puas, karena jadi datang terlambat 8.35an di Penthouse, tempat workshop.

Dari cerita di atas saya menjadi lebih paham mengapa Guru kita sering berpesan: harus sering latihan, ala bisa karena biasa. Patokan-patokan arah (sebagai petunjuk2 guru dan hasil latihan) bisa dijadikan alat bantu mengingat atau menyelesaikan masalah. Mungkin kalau sudah sering bolak-balik ke gedung DS, saya bisa secara refleks menuju gedung dan lebih cepat lagi tiba, tanpa bantuan peta sama sekali, karena sudah masuk ingatan.

Terima kasih buat Pak Ricky T dan Ibu Sylvia L (Senior Division Manager Stationery & Office Automation) yang mengizinkan saya menitipkan cdrom demo/ trial + leaflet MindManager Pro 7 dan kartu nama buat para peserta. Ini sejalan dengan semangat untuk bersama-sama menyebarluaskan pengetahuan tentang Peta Konsep.

Kelas diajar oleh Lim Teck Hoe (Asian Memory Holder) dari Malaysia, dimulai dengan senam jari. Sambil menghitung 1..10 tapi sambil menggerakkan jari sesuai petunjuk. Awalnya saya berpikir ah becanda, berapa susahnya menghitung sampai sepuluh sambil atur jari-jari. Tapi ketika makin dipercepat iramanya… hehehe saya jadi kelabakan juga. Dijelaskan bahwa itu adalah latihan untuk koordinasi yang lebih antara otak kiri yang menghitung dan otak kanan yang urusan gerakan. Ice breaking/ latihan yang menarik dan membuat suasana mencair.

Diperlihatkan fakta sel otak manusia yang berjumlah 1 trilyun (12 digit 0) dan yang terpakai untuk urusan berpikir hanyalah 100 milyar jadi hanya 10% dari kemampuan otak yang melulu pakai otak kiri. Fakta dendrit yang bisa memiliki 20.000 koneksi antara sel otak satu dengan sel otak lainnya. Dendrit akan tercipta setiap ada ilmu baru yang diserap otak. Celakanya setelah di atas umur 25 tahun setiap harinya 5 juta sel otak mati bila kita tidak bisa menemukan hal yang baru. Mangkanya orang yang hidupnya monoton (rutinitas) itu-itu saja, ia akan merasa hidupnya semakin membosankan dan tidak tahu harus berbuat apa-apa lagi, karena sejumlah besar sel otak itu mati. Disarankan agar setiap hari kita melakukan hal yang baru dari kemarin. Dengan sejumlah sel otak 1 trilyun dan 20.000 koneksi dendrit maka bisa tercipta rangkaian memory otak manusia sebesar 10 pangkat 10.5 juta kilometer ketikan angka 0. Kalau dijejerkan angka itu maka bisa 14x perjalanan antara Jakarta-bulan.
Kesimpulannya adalah: otak manusia secara potensi adalah limitless! Asal kita tahu cara memanfaatkannya.

Diperjelas fungsi kedua belahan otak kiri dan kanan. Otak kiri adalah short term memory (hanya bisa tampung ingatan 24 jam maksimum) dan otak kanan adalah long term memory, ini bisa selama hidup terekam (seperti trauma, dan dengan teknik hipnotis orang bisa diakses kembali ke masa suatu kejadian berlangsung ia akan cerita kembali detil).

Pendidikan cenderung hanya melatih kemampuan otak kiri, sehingga tak heran terjadi keterbatasan kita berpikir. Kemudian diperlihatkan hasil-hasil riset lainnya, seperti: bila dengan teks murni manusia bisa menghafal 100%. Maka dengan mencorat-coret (doodle) ia bisa menjadi 200%. Dengan mencorat-coret catatan dalam konteks (ada tema tertentu) dan 1 warna ia bisa mencapai 400%. Tetapi dengan corat-coret + konteks + warna maka hasilnya ingatannya bisa mencapai 800%! Dan itulah Mind Mapping.

Bersambung (karena waktu sudah habis dan harus pulang jam 17.00 teng)


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: