Posted by: pkab | 3 December 2007

Ide Klub Pemeta Pikiran, Any1?


Skenarionya begini: bagi yang tertarik ikutan bisa iuran Rp. 200.000,- per pertemuan (3 jam), dana tersebut digunakan untuk sewa ruangan, sewa lcd projector dan makan all you can eat di suatu restoran. Tiap pertemuan kita tentukan dulu mau membahas topik yang sedang hangat, misalnya: BLBI, Pembalakan Liar, Rencana Mobil Pribadi menggunakan Pertamax (akan diset Rp. 10.000,-/ liter), Global Warming, Busway, atau topik lainnya.

Hasil pertemuan Pemetaan Pikiran tersebut akan di-upload ke milis PetaKonsep sebagai repositori dan sebagai bahan diskusi di pertemuan -pertemuan berikutnya, pertemuan selanjutnya bisa dengan mengundang para pakar dan ahli pada bidangnya sehingga lebih berbobot dan memiliki dampak kuat. Suatu saat hasil diskusi tersebut bisa diajukan kepada Pemerintah atau pihak yang berkompenten untuk ditindaklanjuti atau paling tidak sebagai bahan masukan untuk kebijakan mereka di masa mendatang.

Awalnya mungkin baru 1 komputer atau notebook yang memiliki program MindManager Pro 7, ia akan sebagai pemimpin dalam proses curah ide. Kalau ada modal lagi (atau ada yang bersedia modalin), kita bisa adakan hotspot dan koneksi internet, sehingga peserta dari luar negeri (Check ClustrMap PKAB) bisa ikutan mengedit Peta Konsep bareng-bareng via WebEx. Anggota Klub Pemeta Pikiran juga bisa mengerjakan Sub-Peta Konsep pada komputernya masing-masing dan bila bertemu darat lagi bisa digabungkan menjadi satu menjadi Sebuah Peta Konsep Besar.

Apakah ada yang tertarik gabung menjadi anggota Klub Pemeta Pikiran? Buzz kalong_id di Yahoo Messenger.

PKAB is calling Indonesian experts around the world…..!


Responses

  1. […] Oleh karena itu kita harus bekerja sama secara sinergis dan terarah. Mengutip perkataan Tao yang saya temukan saat menghadiri pernikahan putra Pak Lukas T, yang kurang lebih berkata: walaupun kita memiliki puluhan ribu orang tapi kalau kita tidak kompak maka tidak dapat menghasilkan pekerjaan yang dapat dikerjakan oleh satu orang saja. Sehingga saya mempunya ide untuk membuat Klub Pemeta Pikiran. […]


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: