Mimpi


Halaman ini akan berisi “Daftar Mimpi” dan mohon dukungan 3D (doa, dana dan daya) dari semua pihak. Mengapa disebut mimpi? Karena dengan kondisi dan kekuatan saya saat ini maka hal-hal berikut ini adalah sesuatu yang tidak terjangkau sehingga saya sebut sebagai mimpi.

Bila mimpi telah menjadi Kenyataan maka bagian itu akan dipindahkan menjadi Catatan (news) dan “Halaman Kenyataan”, agar terlihat mana yang masih jadi mimpi dan mana yang sudah jadi kenyataan.

Banyak orang bilang: “ah kau, tukang mimpi di siang bolong (daydreamer!)”.

Saya jawab: “ya iyalah! Kalau saya mimpi di tengah malam dan tidak kerjakan apa-apa itu betulan mimpi sebagai bunga tidur saja. Saya sedang dan selalu menikmati bermimpi dengan mata terbuka dan kerja keras agar impian itu jadi kenyataan. Lagipula mumpung bermimpi masih gratis dan tidak merugikan orang lain. Kalau saya mimpi dapat 1 milyar saya akan kasih kamu, mau?”.

Teman saya tanya dengan herannya: “Enggak rugi tuch, emang kamu mau kasih semuanya itu buat aku? Terus kamu dapat apa dong?”.

Saya jawab: “Gampang, man… saya akan bermimpi lagi…. :p”

Daftar Mimpi untuk PKAB saat ini:

  • 31.10.07 Mengundang Tony Buzan datang ke Indonesia dan memberikan kuliah perdana (atau apa namanyalah) tentang MindMapping (kata ini telah di registrasikan menjadi trademarknya) –> 2 Mei 2008 sebagai Hari Pendidikan Nasional di suatu ballroom besar atau di JHCC, diiklankan di koran-koran besar (aku harus kontak Mr Hardy, Boss British Council, wish me luck)
    • Ada pameran foto-foto anak-anak sampai orang dewasa menggambar dan memanfaatkan peta konsep –> foto-foto ini hasil jepretan Darwis Triadi.
    • Foto-foto itu kemudian dijadikan: kaos, kalendar, poster, wallpaper komputer, dll.
    • Ada hasil rekaman kuliah dalam bentuk VCD/ DVDROM untuk disebarkan lebih luas lagi kepada yang tidak bisa hadir secara fisik pada acara.
  • 31.10.07 Di Stadion Gelora Bung Karno, ada layar besar yang menampilkan saya sedang mengajarkan cara menggambar peta konsep (tampilkan orangnya, papan tulisnya, hasil gambar dari salah satu peserta, diskusi, dll). Para peserta adalah anak-anak gelandangan, pemulung, atau tidak mampu. Syaratnya mereka harus sudah mandi, menggunakan kaos PKAB, mendapatkan 1 paket PKAB, sudah diberi makan oleh panitia sebelum acara pembelajaran berlangsung. Ada beberapa Asisten level 1 menggunakan HT untuk mengawasi kelompok yang berisi beberapa puluh anak. Bila ada pertanyaan dari seorang anak dari satu kelompok, ia ajukan pertanyaan ke Asisten Level 1 (Kelompok). Asisten level 1 forward ke Asisten Level 2 (Blok). Asisten Level 2 forward ke Asisten Level 3 (Panggung). Asisten Level 3 tanya sama saya. Kemudian akan diperlihatkan di layar untuk menjawab pertanyaan tersebut. Setelah berhasil di kota Jakarta, acara diteruskan pada kota-kota besar lainnya secara roadshow. Acara ini diliput oleh tv-tv nasional, diberitakan di koran-koran nasional, tercatat ke MURI. Tujuan acara ini adalah untuk menimbulkan Efek Gelombang Peta Konsep Melanda Indonesia. Agar tercipta kesadaran kolektif bahwa kita Bangsa Indonesia Paham dengan masalah yang ada dan Bisa mengatasinya!
  • 31.10.07 Mendapatkan dukungan dana dari para perusahaan besar sebagai bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) untuk kegiatan operasional dan infrastruktur PKAB.
  • 31.10.07 Dukungan pembuatan iklan dan produk serta penyisihan keuntungan untuk mendukung kegiatan PKAB dari para produsen berupa logo PKAB di produknya, info cara membuat peta konsep pada boxnya, gambar-gambar/ ide menggunakan peta konsep sebagai temanya. Iklan2 tentang produk yang bekerja sama dengan PKAB yang dibuat kemudian ditempelkan pada bus-bus yang berlalu lalang di jalan raya. Yang baru terpikir pagi ini:
  • Indosat 3.5G: The Future is here series –> The Future of Our Nation is Here with Concept Map! Saya membutuhkan sebuah usb modem 3.5G dan dibebaskan iuran unlimited access, agar saya bisa ngenet dari mana saja, tanpa terbatas waktu dan tempat lagi. Saya membutuhkan ruangan terbuka, hijau dan musik yang tenang dan inspiratif untuk terus bisa semangat memperjuangkan PKAB ini.
  • Kapur Sarjana: Bebas debu series –> Bebaskan debu kemiskinan. Terlihat anak dengan pakaian lusuh dan agak kotor, tersenyum dengan gigi yang putih terlihat (mungkin ini juga bisa sekalian dengan produsen pasta gigi) sedang memegang papan tulis warna hitam ukuran sedang (1 meter x 80 cm, saya ndak tahu persis ukurannya. yang penting mudah dibawa-bawa dan enak dipegang), menampilkan ide cara keluar dari kemiskinannya dengan peta konsep.
  • Bola Dunia: Dengan kertas ini engkau akan menjelajah dunia.
  • Sampoerna: Tanya kenapa series –> Terlihat adegan orang sedang lesu menghadapi tumpukan pekerjaan dan kebingungan harus mulai dari mana. Di sampingnya ada anak kecil mirip Dora membawa sebuah Peta Konsep dan ada balon: Apa yang kau butuhkan bila tidak tahu menuju ke mana? Terus kertas gulungan peta itu menjawab: “Aku Peta Konsep… Peta Konsep… Peta Konsep…!”
  • L.A. Mild: Enjoy Aja series –> Terlihat adegan seseorang sedang pusing menghadapi ujian, setumpuk buku di mana-mana dan ada seseorang sambil santai bersiul memandangi Peta Konsep ringkasan bahan ujian.
  • Tolak Angin: Orang Pintar series –> Label jamu cair “Tolak Angin Kebodohan”, taglinenya: Orang Pintar pakai Peta Konsep. Gambar bahan ramuan disusun dengan gaya Peta Konsep.
  • Teh Botol Sosro: Apapun series –> Apapun pelajarannya gunakan Peta Konsep. Di bagian belakang box yang 1 liter itu terdapat informasi cara membuat peta konsep.
  • Torabika: Nikmati series –> Buktikan nikmatnya ngeMap! Terlihat orang asyik menyeruput kopi torabika dan tersungging senyum puas melihat hasil peta konsep yang dibuatnya.
  • Extra Joss: Sumber energi series –> Tenaga dan spirit untuk terus ngeMap!
  • Phillips: Terus terang series –> Terus ngeMap, ngeMap terus! Ada iklan dengan menggunakan lampu belajar yang pakai bohlam phillips maka hasil peta konsepnya terlihat cemerlang. agak jauh dari lampu itu suasana di buat redup/ gelap.
  • Mungkin dari rekan-rekan pembaca mimpi ini bisa membantu menambahkan ide atau membantu merealisasikan mimpi ini.

Responses

  1. Saya sangat yakin sekali dengan kekuatan sebuah impian. Suatu hari nanti, satu per satu impian itu akan jadi kenyataan Pak.

    Oh ya saya juga minta izin untuk memposting salah satu isi blog Bapak ke blog http://Family-Writing.com ya Pak

    Terima kasih sebelumnya

    Salam,
    Nilna Iqbal
    (arti nama saya dalam bahasa arab kebetulan:
    “kabulkanlah impian kami”)

  2. Dear Nilna,

    Amin.
    Silahkan mengambil artikel dari sini dan dipost di manapun, mohon dicantumkan dibagian bawahnya Sumber: ditambah link http://pkab.wordpress.com/tahun/bulan/tanggal/judulartikelnya
    Karena saya juga melakukan hal yang sama, mengumpulkan artikel2 dari blog2 lain yang selaras dengan penyebaran pengetahuan/ ilmu pemetaan konsep.

    Salam,
    Suryadi

    NB: nama yang bagus, dan bisa menjadi pengingat/ dorongan agar terus berusaha mewujudkan impian2

  3. Saya terheran pada diri saya sendiri, satu pertanyaan “What I’ve been done?” Banyak informasi menarik di blog Anda. Saya sendiri termasuk keluarga muda, membuat blog agar saya dan istri bisa berbagi. Mimpi dan imaginasi Anda memberi inspirasi. Mohon tidak keberatan blog atau artikel Anda saya masukkan dalam blog saya

    Regard

    Ayah Parisya

  4. Dear Ayahanda Parisya,

    Silahkan menggali dan memanfaatkannya. Semoga Parisya menjadi anak yang cerdas dan berbakti.

    Salam,
    Suryadi

  5. saya senang sekali menemukan blog ini, kalau diizinkan saya pun tertarik untuk mempublikasikan artikel Anda pada blog yang baru saja saya buat cause…..

    dreams is the idea of life….it’s color of world!

    syaloom,
    lihay

  6. Dear Lihay/ Dream2Life,

    Saya senang bila anda membantu menyebarkan informasi/ artikel dari blog PKAB ini pada blog anda, mohon ditambahkan di bagian bawahnya
    Sumber: http://pkab.wordpress.com/link-ke-halaman-aslinya.

    Terima kasih.

    Salam,
    Sur

  7. Pemimpi yg sama akan saling terpetakan & menguatkan serta mewujudkan…moga bisa segera terealisasi…salut atas mimpi & usaha2nya mas.

  8. semua berwal dari mimpi”‘


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,172 other followers

%d bloggers like this: