Posted by: pkab | 12 June 2008

Peta Konsep Bahasan Suhu dan Kalor di Kelas 1 Madrasah Aliyah Negeri


Oleh: Suharto
Magister Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia

Judul thesis asli: Upaya mengatasi kesulitan belajar siswa pada pokok bahasan suhu dan kalor melalui pembelajaran remidial dengan peta konsep : studi kuasi eksperimen di kelas I pada salah satu Madrasah Aliyah Negeri Jakarta

Abstrak

Studi ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran remidial dengan peta konsep pada pembelajaran fisika di kelas I MAN Jakarta, terutama dalam meningkatkan penguasaan konsep fisika dan mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa. Penelitian eksperimental dengan rancangan model one group pretest-posttest design melibatkan 34 siswa. Model pembelajaran remidial dengan peta konsep ini dimulai dengan kegiatan mengidentifikasi kesulitan awal siswa, menyusun kegiatan pembelajaran, memperkenalkan model belajar remidial dengan peta konsep kepada siswa, mengobservasi setiap kegiatan, dan mengevaluasi kegiatan pada akhir pembelajaran. Model belajar remidial dengan peta konsep yang diterapkan lebih efektif dibandingkan dengan model belajar konvensional dalam meningkatkan hasil belajar fisika baik siswa berprestasi maupun siswa biasa dan dapat mengatasi kesulitan yang dihadapi oleh siswa. Selain itu model belajar remidial dengan peta konsep dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk menjelaskan pemahaman konsep dalam peta konsep dan mengintegrasikan konstruksi pengetahuannya di laboratorium dengan konstruksi pada kehidupan sehari-hari. Adapun pengetahuan awal rerata 15,70, rerata hasil belajar konvensional 22 dan rerata hasil belajar remidial dengan peta konsep 27,97. Kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa dengan rerata skor 15,1 (44,62%), pada umumnya soal yang berkenaan dengan pemahaman konsep, pemahaman prinsip atau hukum dan pemahaman dalam aplikasi serta perbandingan dalam bentuk komputasi. Terdapat perbedaan atau peningkatan prestasi belajar fisika secara signifikan antara hasil pembelajaran remidial dengan pemetaan konsep lebih tinggi dibandingkan dengan hasil pembelajaran dengan konvensional. Pendapat siswa sebaian besar (94,12%) menyatakan bahwa belajar dengan cara pemetaan konsep dapat memudahkan menguasai isi dari bahan pelajaran yang dipelajari. Berdasarkan pengetahuan di atas,disarankan : (1) kepada guru IPA (Fisika) agar menggunakan pembelajaran remidial dengan peta konsep sebagai alternatif pembelajaran dalam upaya mangatasi kesulitan siswa; (2) kepada peneliti yang tertarik pada penelitian ini disarankan memperbaiki efektivitas terutama model belajar ini terutama calon tenaga guru pendidik perlu dititik beratkan pada pedagogiknya, sebab hal ini merupakan modal utama bagi para pendidik dalam melaksanakan tugasnya.

Sumber: Digital Library Initiative UPI

About these ads

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,172 other followers

%d bloggers like this: