Posted by: pkab | 29 April 2008

Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematik SQ4R dan Peta Konsep


Judul Asli: MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK MELALUI TEKNIK SQ4R DAN PETA KONSEP SISWA MADRASAH ALIYAH

Oleh: Euis Setiawati

Kemampuan pemahaman dan kemampuan pemecahan masalah matematik matematika. Rendahnya kemampuan pemahaman dan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa Madrasah Aliyah merupakan permasalahan yang menuntut seorang guru untuk menciptakan dan menerapkan suatu strategi dalam pembelajaran matematika.
Penelitian ini menggunakan disain eksperimen, dan memilih disain penelitian berbentuk pretes-postes control group design, yang bertujuan untuk mengetahui (1) kualitas kemampuan pemahaman matematik siswa Madrasah Aliyah melalui pembelajaran matematika dengan teknik SQ4R dan peta konsep, (2) kualitas kemampuan pemecahan masalah matematik siswa Madrasah Aliyah melalui pembelajaran matematika dengan teknik SQ4R dan peta konsep, (3) sejauh mana perbedaan kemampuan pemahaman dan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa Madrasah Aliyah, antara pembelajaran matematika dengan teknik SQ4R dan peta konsep dengan pembelajaran matematika cara biasa, (4) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan teknik SQ4R dan peta konsep, dan (5) tanggapan guru terhadap pembelajaran matematika dengan teknik SQ4R dan peta konsep.
Subyek penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah, dengan sampel penelitiannya adalah siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung yang terdiri dari dua kelas yang diambil secara acak menurut kelompok kelas dari 7 kelas 1 yang ada. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan dua jenis tes, yaitu tes pilihan ganda yang dimodifikasi dari Second International Mathematics Study (SIMS), dan tes bentuk uraian. Kedua jenis tes sudah memenuhi kriteria reliabilitas, validitas, Daya Pembeda dan Tingkat Kesukaran. Dan untuk memperoleh data yang diperlukan ditempuh prosedur penelitian melalui tiga tahapan utama yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan di kelas dan tahap analisis data. Setelah data terkumpul, data dianalisis secara deskriptif dan inferensial.
Dari hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa (1) kualitas kemampuan pemahaman matematik siswa Madrasah Aliyah meningkat setelah siswa menempuh pembelajaran matematika menggunakan teknik SQ4R dan peta kopsep, (2) kemampuan pemecahan masalah siswa Madrasah Aliyah meningkat setelah siswa menempuh pembelajaran matematika menggunakan teknik SQ4R dan peta konsep, (3) terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan pemahaman dan kemampuan pemecahan masalah matematik antara siswa yang dalam pembelajaran matematikanya menggunakan teknik SQ4R dan peta konsep dengan siswa yang dalam pembelajaran matematikanya dengan cara biasa; kemampuan siswa yang dalam pembelajaran matematikanya menggunakan teknik SQ4R dan peta konsep lebih baik daripada siswa yang dalam pembelajaran matematikanya dengan cara biasa, (4) sikap siswa mendukung pembelajaran matematika dengan teknik SQ4R dan peta konsep, dan (5) guru memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan teknik SQ4R dan peta konsep.
Sumber: Abstrak Thesis Matematika 2005, Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia

About these ads

Responses

  1. [...] life skill, Mind Mapping, Peta Konsep, potensi siswa, Quantum, SQ4R, suasana belajar « Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematik SQ4R dan Peta Konsep Implementasi Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Siswa [...]

  2. buku referensi ttg SQ4R dimana carix? bs kasih tau ngak?


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,172 other followers

%d bloggers like this: