Posted by: pkab | 19 November 2007

Peta Konsep Peraturan Perundangan-undangan Pusat dan Daerah


05.45 dibangunkan oleh istri karena ada tugas pembuatan Peta Konsep yang belum sempat diselesaikan dan dicetak oleh Nathasia dibuat dengan iMindMap, sehingga saya harus membuat ulang dengan MindManager Pro 7. iMindMap cocok untuk kata kunci dan gambar kunci seperti yang ditekankan oleh Tony Buzan. Sedangkan MindManager Pro 7 bisa lebih bebas panjang cabangnya. Waktu pengerjaan dan pencetakannya menjadi 6 halaman harus sudah selesai sebelum jam 07.00 kurang karena harus dibawa ke sekolah.

Kalau ditanya untuk pembenahan kondisi Indonesia harus mulai dari mana? Jawabannya: seperti ada tokoh hakim di negeri China, yang namanya Judge Bao, yang menjunjung tinggi hukum dan melaksanakanannya secara konsisten, sehingga China selamat dari keambrukan karena merajalelanya korupsi, penyimpangan hukum, dan rakyat kecil yang ditindas sewenang-wenang. Pertanyaan berikutnya: apakah ada Judge Bao versi Indonesia?

Proses pembuatan Peraturan dan Masyarakat

Saya ingin sekali para hakim yang masih lurus hatinya dan para pemerhati hukum untuk dapat berkumpul dan melakukan Pemetaan Hukum di Indonesia (baik dari Pusat sampai ke Daerah-daerah). Kita coba kelompokkan, contoh: untuk urusan anak-anak saja dulu, dibuat sub-topik sub-topiknya. Nanti dilihat mana yang overlap, mana yang perlu dibatalkan demi hukum karena melanggar aturan yang lebih kuat/ di atasnya (mentoknya sampai UUD 45), mana yang perlu direvisi. Karena hakekatnya perundangan-perundangan dibuat untuk mengatur kehidupan bersama-sama. Semua orang dihadapan hukum adalah sama.

Mungkin selama ini kita kecewa dan akhirnya tidak perduli lagi melihat kondisi hukum di Indonesia yang diplesetkan KUHP (Kasih Uang Habis Perkara). Justru kalau kita diam (entah karena kecewa, entah karena tidak perduli, entah karena tidak tahu harus berbuat apa, entah karena pasrah, entah dengan alasan apapun), maka orang-orang yang “merasa di atas hukum” akan menikmati kondisi ini. Mungkin kita mulai dari hukum-hukum yang mudah dibereskan terlebih dahulu, kemudian mengarah ke arah yang lebih berat dan butuh perjuangan yang lebih keras lagi. Ibarat kanker => pelanggaran hukum itu kalau dibiarkan akan menggerogoti semua bagian tubuh dan akhirnya tubuh itu mati. Harus diobati, harus diberesi, harus dibenahi atau kita semuanya (ya semuanya) termasuk yang “merasa di atas hukum” juga akan mati! Tidak akan diingat orang lagi yang namanya Negara Indonesia itu seperti apa?

Peraturan Perundang-undangan (6 halaman) PDF

Apa yang bisa kita lakukan? Kita bagi tugas: siapa yang pegang topik x, topik y, dst. Masing kelompok mengumpulkan semua peraturan dalam bentuk elektronik sesuai topik, dikategorikan. Dibuatkan peta konsepnya dengan menambahkan attachment. Kita kumpul bareng-bareng untuk menggabungkan peta-peta per topik menjadi Mega Peta Konsep tentang Peraturan.

Pertanyaan apakah kita sanggup memainkan 1 juta keping puzzle tentang Hukum Indonesia? Kalau kita perduli, mustinya bisa!  Saya juga tertarik untuk diperkenalkan kepada kelompok yang perduli dengan hukum untuk mengutarakan ide ini.

About these ads

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,172 other followers

%d bloggers like this: